PT Sukses Abadi Farmindo

Article

Definisi Original Equipment Manufacturer

Definisi Original Equipment Manufacturer – Istilah ‘Original Equipment Manufacturer’ (OEM) digunakan dalam industri manufaktur untuk merujuk pada perusahaan yang memproduksi komponen dan bagian dari produk perusahaan lain. OEM biasanya akan memproduksi komponen untuk perusahaan lain dengan nama merek, logo, atau merek mereka sendiri.

Hal ini memungkinkan perusahaan lain untuk membuat produk tanpa harus berinvestasi di fasilitas manufaktur atau staf. OEM sering dianggap sebagai bagian penting dari rantai pasokan, menyediakan komponen penting untuk barang manufaktur.

OEM memainkan peran penting dalam memastikan kualitas produk jadi, karena mereka bertanggung jawab untuk memproduksi komponen berkualitas tinggi sesuai dengan spesifikasi dan persyaratan desain yang diberikan oleh pelanggan mereka.

Perusahaan-perusahaan ini juga memberikan dukungan teknis dan layanan pemeliharaan, memastikan bahwa semua suku cadang cocok satu sama lain dengan benar dan bekerja secara efisien saat dirakit. Penghematan biaya yang terkait dengan produksi outsourcing bisa sangat besar dibandingkan dengan membangun fasilitas manufaktur dari awal.

Sejarah OEM

Original Equipment Manufacturer (OEM) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produk yang kemudian dijual atau didistribusikan oleh bisnis lain, baik sebagai komponen individual atau sebagai bagian dari sistem yang lebih besar. OEM memiliki sejarah panjang dalam menyediakan solusi yang andal dan hemat biaya untuk pelanggan di berbagai industri.

OEM pertama dapat ditelusuri kembali ke abad ke-19 ketika pabrikan mulai memproduksi suku cadang dan komponen khusus untuk berbagai aplikasi seperti kendaraan, perkakas, dan mesin. Selama Perang Dunia II ada peningkatan permintaan untuk produksi industri, memacu pertumbuhan industri lebih lanjut.

Pada awal 1960-an banyak pembuat otomotif besar telah mengadopsi praktik menggunakan vendor eksternal untuk memasok mereka dengan suku cadang dan komponen, menyebabkan OEM menjadi fitur umum dalam operasi manufaktur global.